KI dan KD
SMA
Kelas X
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei 2013
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad
sebagai pedoman hidup
1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam
1.4 Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits
terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits
terkait
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta
hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait
2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) :
72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam
kehidupan
3.3
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) :
32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina.
3.4
Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.5
Memahami makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir;
3.6
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.7
Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
3.8
Memahami kedudukan Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
3.9
Memahami pengelolaan wakaf
3.10.1.
Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
3.10.2.
Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8):
72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) :
12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
4.2.1
Membaca Q.S. Al-Isra’ (17):
32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2 dengan lancar.
4.3
Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi
rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman
makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat
Allah SWT
4.5
Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
4.6
Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam
4.7.1
Menyajikan
dalil tentang ketentuan wakaf
4.7.2
Menyajikan
pengelolaan wakaf
4.8.1
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di
Mekah
4.8.2
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
Kelas XI
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei 2013
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
1.3
Berperilaku
taat kepada aturan
1.4
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.5
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai
implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17)
: 23-24 dan hadits terkait
2.3 Menunjukkan perilaku kompetitif
dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al
Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar
(39) : 39; dan
Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan sikap toleran,
rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.5 Menunjukkan sikap semangat menumbuh- kembangkan
ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan
Islam
2.6 Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan
produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern
|
3
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S.
Az-Zumar (39) :
dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
3.2
Menganalisis
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3
Memahami makna
iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
3.4
Memahami makna
iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.5
Memahami makna
taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6
Memahami makna
toleransi dan kerukunan
3.7
Memahami
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
3.8
Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam
3.9
Memahami
pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
3.10
Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah
3.11 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan
3.12
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
|
4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1 Membaca
Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan lancar
4.3 Membaca
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.5 Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci Allah swt
4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.7 Menampilkan perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
4.8 Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan
4.9 Mendeskripsikan bahaya perilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan
4.10Mempresentasikan
praktik-praktik ekonomi Islam
4.11Memperagakan
tatacara penyelenggaraan jenazah
4.12Mempraktikkan
khutbah, tabligh, dan dakwah
4.13Mendiskripsikan
perkembangan Islam pada masa kejayaan
4.14
MMendiskripsikan perkembangan Islam pada masa medern (1800-sekarang) (3)
|
Kelas XII
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei 2013
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.3
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian
harta warisan
|
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi
masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31): 14 serta hadits terkait
2.2
Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada
orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits
terkait
2.3
Menunjukkan
sikap kritis
dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) :
190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4
Menunjukkan
perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83, serta hadits terkait.
2.5
Menunjukkan sikap
mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada
hari akhir
2.6
Menunjukkan sikap
optimis, berikhtiar dan bertawakal
sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7
Menunjukkan sika
semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan
sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
|
3
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis,
3.2
Menganalisis Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3
Memahami
makna iman kepada hari akhir.
3.4
Memahami
makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5
Memahami
hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam
kehidupan.
3.6
Memahami
ketentuan pernikahan dalam Islam
3.7
Memahami
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.8
Memahami
ketentuan waris dalam Islam
3.9
Memahami
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.10
Menganalisis
faktor-faktor kemajuan
dan kemunduran peradaban Islam di dunia
|
4
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1.1 Membaca
Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran
(3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
4.2.1. Membaca
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar
4.3. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Hari Akhir
4.4. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada
Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5. Menyajikan hikmah dan manfaat saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan
4.6. Memperagakan
tata cara pernikahan dalam Islam
4.7. Menyajikan hak
dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
4.8. Mempraktikkan
pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.9.
Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.10. Mendeskripsikan
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
Situs Judi Slot Online Terpercaya, Judi Online
BalasHapusBONUS: 200% UP TO €200! JOIN THE GOSLOT88: Situs Judi Slot Online Terpercaya, Daftar Judi Online Casino Resmi & Judi Online Casino Resmi 마카오 샌즈 카지노 di Indonesia.